Kamis, 09 Juni 2011

ROHANI ISLAM (ROHIS)

 PROPOSAL




ROHANI ISLAM
SMK NEGRI 1 RANTAU UTARA

T/A 2010/2011




ROHANI ISLAM
SMK NEGRI 1 RANTAU UTARA
Alamat: Jl.Jend Ahmad Yani no.32 Telp.(0264) 21493
Rantau Prapat – Labuhan Batu
                                                
                                                                                 
NO       :                                                                             Rantau prapat,maret 2011     
Lamp   : 1 (satu) berkas
Hal       : Mohon Persetujuan dan
              Bantuan dana                                                  Kepada Yth:
                                                                                     Bapak / ibu



                                                                                      di-
                                                                                             Tempat


Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu’alaikum  Warahmatullahi Wabarakatu

            Teriring do’a kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang talah memberi kita
 nikmat iman dan islam. Kiranya Bapak / ibu selalu dalam limpahan rahmatNya.

            Kami dari Rohani Islam SMK Negri 1 Rantau Utara memohon persetujuan dari bapak kepala SMK N 1 RANTAU UTARA dan bantuan dari bapak / ibu guru demi suksesnya acara sosialisasi rohis ini yang insya Allah akan kami laksanakan pada :
            Hari / Tanggal             : Minggu / 10 April 2011
            Tempat                        : Aula SMK Negri 1 Rantau Utara
            Pukul                           : 08.00  – 12.00 wib

            Demikian permohonan ini kami perbuat, semoga amal Bapak / Ibu bisa menjadi mata air kebaikan yang dapat kita petik manfaatnya kelak, dan Allah SWT membalas segala kebaikan yang Bapak / ibu berikan.

            Atas persetujuan dan bantuanya kami ucapkan terimakasih.
wassalam

ROHANI ISLAM
SMK NEGRI 1 RANTAU UTARA
Alamat: Jl.Jend Ahmad Yani no.32 Telp.(0264) 21493
Rantau Prapat – Labuhan Batu
                                   

SOSIALISASI ROHIS

            Dan hendaklah takut orang – orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak – anak ( keturunan ) yang lemah yang mereka khawatir  terhadap ( kesejahteraan ) mereka. Maka bertaqwalah kepada Allah dan hendaklah mengucapkan perkataan – perkataan yang benar.”
( Qs. An – nisaa’: 9 )

I. PENDAHULUAN

            Remaja adalah aset bagi masyarakat dimasa depan. Karena di tangan dan dipundak merekalah masa depan sebuah masyarakat bergantung, jika baik ( berkualitas ) remajanya, maka baik pula kehidupan masyarakat. Begitu juga sebaliknya, bila kualitas remajanya atau jelek, maka buruk pula masyarakatnya.

            Sebagai bagian terbesar dari kelompok masyarakat, remaja menjadi penting tidak saja untuk di bicarakan, tetapi juga di bina. Ini karena apa uang di hadapai para remaja saat ini menuntut sebuah kekuatan ekstra. Tidak saja segi kecerdasan, keterampilan tetapi juga emosionalitas dan spritualitas. Sebab kita khwatir, jika para remaja itu, terutama remaja islam tidak memiliki kekuatan tersebut akan semakin terpinggirkan peran dan keberadaannya dalam kehidupan masyarakat dilingkungan dimana mereka tinggal.

            Oleh sebab itu adalah tugas seluruh elemen masyarakat untuk membina generasi muda yang berkualitas dalam segala hal. Keberadaan mereka nantinya di harapkan akan mampu menjadi monivator dan pelaksana, rencana-rencana pembangunan masyarakat. Bukan malah sebaliknya mejadi beban tanggungan masyarakat. Selain itu keberadaan sumber daya yang berkualitas di harapkan akan mendukung keberhasilan otonomi daerah di masa yang akan datang.

            Maka dalam rangka ikut membina generasi muda itu, rohani islam smeneg ( rohisneg) mencoba mengangkat tema tentang remaja dalam usaha untuk membicarakan dunia remaja dan segala permasalan yang di hadapi saat ini, dan mencoba mencari solusi agar mereka tetap menjadi generasi yang benar-benar memiliki kualitas, baik intelektualitas, fisik dan ke agamaan yang menyongsong masa depan yang penuh dengan ketidak pastian dan tantangan.


II.NAMA KEGIATAN
            Kegiatan ini dinamakan “ sosialisai rohani islam/rohis”
III. TEMA KEGIATAN
            “remaja dan problematika”
IV. DASAR PEMIKIRAN
            REMAJA DAN PROBLEMATIKA
Probelamatika remaja di jaman modern ini termasuk masalah terpenting yang dihadapi semua masyarakat di dunia, baik masyarakat muslim maupun non muslim. Hal ini dikarenakan para pemuda dalam masa pertumbuhan fisik maupun mental, banyak mengalami gejolak dalam pikiran maupun  jiwa mereka, yang sering menyebabkan mereka mengalami keguncangan dalam hidup dan mereka berusaha sekuat tenaga untuk melepaskan diri dari berbagai masalah tersebut. Dan itu semua tidak mungkin terwujud kecuali dengan (kembali kepada ajaran) agama dan akhlak Islam, yang keduanya merupakan penegak (kebaikan dalam) masyarakat, (sebab terwujudnya) kemaslahatan dunia dan akhirat, dan sebab turunnya berbagai kebaikan dan berkah (dari Allah Ta’ala) serta hilangnya semua keburukan dan kerusakan.
Agama Islam sangat memberikan perhatian besar kepada upaya perbaikan mental para pemuda. Karena generasi muda hari ini adalah para pemeran utama di masa mendatang, dan mereka adalah pondasi yang menopang masa depan umat ini.
Oleh karena itulah, banyak ayat al-Qur’an dan hadits Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang menghasung kita untuk membina dan mengarahkan para pemuda kepada kebaikan. Karena jika mereka baik maka umat ini akan memiliki masa depan yang cerah, dan generasi tua akan digantikan dengan generasi muda yang shaleh, insya Allah .
Semakin maraknya narkoba, judi, prostitusi alat-alat lainya yang semuanya itu merupakan perusak bagi generasi bangsa indonesia dan menyebabkan pula rusaknya moral para generasi muda islam sebagai ujung tombak didalam bangsa ini. Atas dasar keaadaan yang demikian itulah kami umat islam harus perhatian dan mempunyai rasa tanggung jawab moral untuk mencegah keadaan yang demikian itu, dengan maksud berupanya untuk mengoptimalkan pencegahan terhadap masalah pemuda.

            “hai orang-orang beriman, barang siapa antara kamu yang berbuat murtad dari agamanya, maka kelah allah akan mendatangkan suatu kaum yang allah mencintai mereka dan merekapun mencintainya.” (Q.S.Al-maidah : 54 )

            “jika kamu tidak berangkat untuk berjihad, niscaya allah menyiksa kamu dengan siksa yang pedih, dan digantikannya kamu dengan kaum yang lain.” ( Q.S.At-taubah : 39 )

            “ sesungguhnya mereka itu adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada allah dan kami tambahkan kepada mereka petunjuk.” ( Q.S.Al-kahfi :13 )                                                                                                                                                                                                                                   “wahai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada allah dan hendaklah setiap diri memperhatika apa yang telah di perbuatanya untuk hari esok dan bertaqwalah kepada allah maha mengetahui dengan apa yang kamu perbuat.”( Q.S.Al-hasyr : 18 )

            “ pemuda sejati adalah yang berani mengatakan, inilah aku, bukan pemuda yang mengatakan inilah bapakku. “ ( ali bin abi thalib )

V. TARGET
a)      Menuju ridho allah SWT.
b)      Meningkatkan pengetahuan kepada remaja tentang peran dan kedudukanya di masyarakat dan agama.
c)      Mendorong para remaja untuk semakin meningkatkan prestasinya dan mengembangkan potensi dirinya secara positif.
d)      Mempererat ukhuwah islamiyah antara sesama umat islam khususnya remaja islam.
e)      Mendidik diri menuju taqwa.




VI. BENTUK KEGIATAN
                Training selama kegiatan dengan bentuk kegiatan berbagai materi, ceramah, diskusi, dan sosialisasi dan hal lain dan berkaitan rohani islam ( rohis ).

VIII. SASARAN/PESERTA
                Peserta dalam sosialisasi mengenai rohis ini adalah seluruh siswa muslim.

IX. PEMBICARA
               

X. LAMPIRAN
1.       Susunan kepanitian.
2.       Rencana anggaran.















 XI. KHATIMAH/PENUTUP
                Usaha membina dan mempersiapkan generasi muda sesungguhn ya amat sangat naif bila hanya dengan mendiskusikannya. Justru yang lebih penting adalah, bagaimana membina mereka secara intern melalui penanaman nilai-nilai moral melalui lembaga keluarga, sekolah dan masyarakat.
                Untuk itu kita semua mempersiapkan generasi muda yang kuat secara fisik, cerdas, dan ke imanan yang kuat. Sebab nilai-nilai agama bisa melingkupi segala hal yang ada di dalam kehidupan ini. Pendeknya agama bisa menjadi sumber infirasi dan motivasi dalam pengembangan ptensi-potensi yang ada di masyarakat, termasuk remaja.
                Dukungan dan persetujuan dari bapak kepala sekolah serta bapak dan ibu guru demi suksesnya acara ini sangat kami harapkan. AMIN.

                                                                                Rantau Prapat,   maret 2011


KETUA                                     PEMBINA                                 SEKRETARIS




(  Muhammad Syafi’i  )                                               ( Desi wulandari  )



DI SETUJUI OLEH
KEPALA SMK NEGERI 1 RANTAU UTARA












STRUKTUR ROHANI ISLAM
SMK NEGERI 1 RANTAU UTARA
Alamat: Jl.Jend Ahmad Yani no.32 Telp.(0264) 21493
Rantau Prapat – Labuhan Batu

Penanggung Jawab : Kepala Sekolah

Pembimbing               :1.
                        Dan seluruh guru yang beraagama islam
Ketua                          :           1. Muhammad Syafi’i
                              2.Miftahul Jannah
Wakil                          :           1.Wahyu Akbar          
                                                2.Muhammad Ade Firman NST
Seketaris                     :           Yessi Erlina
Bendahara                 :           Anggi Nurul Huriyah Ray
1.      Bidang Penasehat /Pelatihan
Ketua                          :           Anggie Nurul Hurriyah Ray
Anggota                     :           1. Julham
                                                2.  Andre Erwin
                                                3. Nurade
                                                4. Junita
                                                5. Titi sumiaty rambe
                         
2. Bidang Sosial
Ketua                          :           Ade Syahroni
Anggota                     :           1. Surya puja kesuma
                                                2. Kholmaisaroh
                                                3. Safrida mayanti
                                                4. Syafaruddi
3. Bidang Kesenian
Ketua                          :           Dessi wulandari
Anggota                      :           1. Yessi Erlina
                                                2. Ramadhani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar